• L’Etape Indonesia Tawarkan Pengalaman dan Sensasi Ala Tour de France

    Penyelenggara L’Etape Indonesia bersama Kadispar NTB  usai jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu.


    Pecinta olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) di Indonesia tak lama lagi bisa merasakan serunya dan sensasi ala balap sepeda legendaris, Tour de France. Pengalaman tersebut bisa didapatkan di ajang  L’Etape Indonesia by Tour de France yang dipersembahkan oleh penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) yang bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Rocca.

    L’Etape Indonesia by Tour de France  akan digelar untuk kali pertamanya di Indonesia, tepatnya di area Kuta Mandalika, Lombok pada tanggal 5 April mendatang dan bisa diikuti oleh para pehobi sepeda, khususnya Road Bike.

    “Tour de France sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia menarik minat jutaan penggemar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara langsung, baik dari lokal maupun internasional. Saat ini sudah ada hampir 20 negara yang terdaftar mengikuti acara ini. Rocca sebagai promotor & sport management olahraga di Indonesia, mencoba menghadirkan sensasi balap sepeda ala Tour de France untuk pehobi dan komunitas sepeda di Indonesia melalui L’Etape Indonesia by Tour de France,” ungkap Zacky Badrudin, Event Director L'Etape Indonesia by Tour de France, di Jakarta beberapa waktu lalu.

    Sensasi balap sepeda ala Tour de France benar-benar dituangkan oleh L’Etape Indonesia by Tour de France. Mulai dari inagurasi jawara tanjakan atau King of Mountain (KOM) dengan polka dot jersey, jersey hijau untuk jawara sprint, dan pemenang lomba secara umum yang akan memperoleh jersey kuning, serta jersey putih untuk  pemenang Youth Category.

    Secara umum L’Etape Indonesia by Tour de France akan menawarkan dua kategori lomba, yakni 135 km dan 80 km.

    “Pilihan dua jarak lomba ini untuk memberikan sensasi lebih kepada para peserta ala Tour de France sekaligus menawarkan pengalaman lebih untuk menikmati sport tourism yang sedang happening di Indonesia. Keriaan dan sensasi ala Tour de France akan kami bawa ke Indonesia melalui L’Etape Indonesia by Tour de France,” tutur Zacky lebih lanjut.

    L'Etape Indonesia by Tour de France sendiri akan diselenggarakan di area Kuta Mandalika Lombok yang menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah. Kawasan yang dijuluki The New Bali ini menawarkan pemandangan yang indah dan jajaran pantai berpasir putih.

    “Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan oleh provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional,” jelas Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

    “Kami yakin dengan adanya event Internasional seperti L'Etape Indonesia by Tour de France akan menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif, akan menghasilkan perputaran ekonomi dan peningkatan  pendapatan  yang akan dirasakan  langsung oleh daerah setempat melalui transaksi Transportasi & Akomodasi, Festival UMKM, Festival makanan dan minuman yang tentu hal ini akan berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan” papar Zacky lebih lanjut.

    Di tahun 2020, acara bertaraf internasional ini akan terselenggara sebanyak 20 kali dan dilaksanakan di 13 negara meliputi Kolombia, Swiss, AS, Meksiko, Cina, Australia, Thailand dan Indonesia, yang merupakan negara kedua di ASEAN.

    ***

    Foto: Dok. L’Etape Indonesia


  • Rekomendasi artikel